
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas IV SDN 003 Malinau Selatan
Pengarang : Darwin Aran Alang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation siswa kelas IV SDN 003 Malinau Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 003 Malinau Selatan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki kegiatan utama atau tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPS (aspek kognitif) dengan 75% siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 dan mencapai nilai 75% dengan kategori baik pada aspek afektif dan aspek psikomotorik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV tahun pembelajaran 2015/2016 yaitu memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan ≥ “Baik”, ketuntasan yang diperoleh siswa pada aspek Afektif, dari siklus I sebanyak 16 siswa menjadi 20 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan dari siklus I sebesar 73% menjadi 91% pada siklus II, aspek Psikomotorik dari siklus I sebanyak 16 siswa menjadi 21 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan siklus I sebesar 73% menjadi 95% pada siklus II, serta aspek Kognitif siswa dari siklus I sebanyak 16 siswa menjadi 20 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan 73% menjadi 91% pada siklus II. Tercapainya indikator keberhasilan ketuntasan klasikal dan KKM diatas minimal 75% pada aspek kognitif yaitu 91% maka penelitian ini dianggap berhasil pada materi aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain di daerah.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation
Aims of this study are to improve student learning outcomes of social science using cooperative learning model Group Investigation of IV grade student at SDN 003 Malinau Selatan. This study includes classroom action research with the subject of research is the IV grade at SDN 003 Malinau Selatan in academic year 2015/2016 which amounts to 22 students. This study was conducted within two cycles and each cycle consist of planning, action and observation, and reflection. The research instrument used in this research are the student activity sheet, teacher observation sheet, affective and psychomotor observation sheet and achievement test. Indicators of success in this research is characterized by increasing student learning outcomes of social science with 75% of students can achieve in KKM which determined at 70 also with 75% of student achieving good criteria in affective aspect and psychomotor aspect. The results of this study is indicating that use of cooperative learning model group investigation has proven to improve student learning outcomes of IV grade student at SDN 003 Malinau Selatan in academic year 2015/2016 that reaching the criteria specified minimum completeness is good in affective aspect and psychomotor aspect, and student who pass the affective aspect as many as 16 students with percentage 73% in the first cycle and increased 20 students with percentage 91% in the second cycle, in psychomotor aspect in the first cycle was obtained 16 student with percentage of 73% and increased to 21 student with percentage 95% in the second cycle also cognitive aspects in the first cycle was obtained 16 student with percentage of 73% and increased to 20 student with percentage 91% in the second cycle. Achieving success indicator above the minimum 75%, is 91%, this research considered successful in the matter of economic activities related to natural resources and other potentials in the area. Keywords: Learning outcomes, Cooperative Learning Model Group Investigation