
Penerapan Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Long Pada
Pengarang : Cepian Marang - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran harus melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, baik dalam bentuk interaksi antar siswa maupun siswa dengan guru. Kenyataannya banyak guru yang pembelajarannya tidak melibatkan siswa, sehingga hasil belajar yang dicapai siswa tidak optimal. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar IPS dapat diupayakan melalui penggunaan model CTL bagi siswa kelas IV di SD Negeri 001 Long Kabupaten Malinau semester genap tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Rancangan penelitian tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kurt Lewin melalui 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yakni 1) perencanaan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) 3) pengamatan (observation), dan 4) refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif yakni teknik statistik dengan membandingkan skor rata-rata antar siklus, skor maksimal, skor minimal dan prosentase.
Hasil belajar siswa pada saat sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 54,55, rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I dengan rata-rata sebesar 67,36, sementara rata-rata siswa juga mengalami peningkatan pada siklus II, sebesar 79,64 dengan kategori “Baik”.
Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari sebelum tindakan, siklus I dan II pada siswa kelas IV SDN 001 Long Pada. Hasil belajar siswa sebelum tindakan, dimana persentase siswa yang tuntas sebesar 36,36%, meningkat pada siklus I sebesar 54,55% dan juga meningkat pada siklus II sebesar 100,00%. Sementara persentase hasil belajar siswa yang tidak tuntas sebelum tindakan adalah 63,64%, mengalami penurunan pada siklus I menjadi 45,45% dan juga mengalami penurunan pada siklus II menjadi 0,00%.
Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa ketuntasan siswa dalam belajar, karena dalam guru dan siswa secara optimal dalam menerapkan langkah langkah dari Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning sehingga dengan penerapan secara optimal dari langkah-langkah Model Pembelajaran Contekstual Teaching And Learning tersebut dapat disimpulkan dapat meningkatnya hasil belajar siswa secara individu maupun klasikal.
Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran CTL
Background problem in this research is a learning process must involve students actively in the learning process, either in the form of interaction between students and students with teachers. In fact many teachers that learning does not involve the students, so that the learning outcomes achieved by students are not optimal. Based on the background of the problem, the purpose of this study was to determine whether the learning outcome IPS can be pursued through the use of CTL model for students in the fourth grade Elementary School District 001 Long Pada Malinau second semester of the 2015/2016 academic year. This type of research is a class action (classroom action research). Study design measures used in this study is a model of Kurt Lewin through two cycles of each cycle consists of four stages namely 1) planning (planning), 2) action (action) 3) observations (observation), and 4) reflection (reflection). Data collection techniques used are tests and observation. Data were analyzed using descriptive analysis techniques that comparative statistical techniques by comparing the average score between cycles, the maximum score, minimum score and percentage. Student learning outcomes in the moments before the action undertaken by 54.55, the average student learning outcomes has increased after the actions implemented in the first cycle with an average of 67.36, while the average students also increased in the second cycle, equal to 79, 64 with the category of "Good". Completeness in the classical student learning outcomes of prior actions, the cycle I and II in the fourth grade students of SDN 001 Long On. Student learning outcomes prior to the action, where the percentage of students who completed at 36.36%, increased in the first cycle of 54.55% and also increased in the second cycle of 100.00%. While the percentage of student learning outcomes that are not resolved before the action was 63.64%, decreased in the first cycle to 45.45% and also decreased in the second cycle becomes 0.00%. Based on data from the research note that the completeness of students in learning, because the teachers and students optimally in implementing measures of Learning Model contextually Teaching And Learning so that by the application of optimal steps Learning Model contextually Teaching And Learning can be concluded in the improved results students learn individually and classical. Keywords: IPS Learning Outcomes, Learning Model CTL