Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 006 Pujungan Melalui Media Gambar | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 006 Pujungan Melalui Media Gambar

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Negeri 006 Pujungan Melalui Media Gambar

Pengarang : Bernadete Bare - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 006 Pujungan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V Pujungan yang berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN 006 Pujungan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 30% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: PTK, Hasil Belajar, Media Gambar

This type of research is action research (PTK) held at SDN 006 Pujungan in the first semester of the school year 2016/2017. Subjects were 006 third grade students of SDN Pujungan amounting to 10 students. This study was conducted in two cycles each cycle consisting of 2 meetings. The procedure each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The data obtained in this study include observation sheet activities of teachers, assessment of cognitive aspects (achievement test), affective (discipline, cooperation and courtesy), and psychomotor aspects. The results showed that by using media images can improve learning outcomes Indonesian Language at the third grade students of SDN 006 Pujungan. It can be seen from the results obtained in each cycle, the first cycle completeness cognitive aspects of student learning outcomes 30% on the second cycle increased to 80%. It can be said that the research has been successful and in accordance with the indicators of success. Keywords: PTK, Learning Outcomes, Media Image

Detail Informasi