
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 006 Pujungan
Pengarang : Baun Mendan - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian itu adalah meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS pada siswa kelas V SDN 006 Pujungan.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang diterapkan pada SDN 006 Pujungan semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 006 Pujungan dengan jumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian kognitif, afektif, dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS pada siswa kelas V SDN 006 Pujungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh setiap siklus. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek kognitif 20% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar pada aspek afektif 20% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek psikomotorik 10% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS
This rasearch clims is improving learning out come IPA with using cooperative learning model tipe TPS in student V class SDN 006 Pujungan. This research is action class research (CAR) implemented to SDN 006 Pujungan I semester 2016/2017. The research subject is student at grads V SDN 006 Pujungan with 6 mals students and 4 female student. This research using two cycle with two meeting classes. The data including observation sheet to student activity, observation sheet to teacher activity, cognitif aspect evaluation, afective aspect, and psicomotoric aspect. The resulf of the research than that by using cooperative learning model tipe TPS in student V class SDN 006 Pujungan can improving learning outcame IPA. In cycle I learning outcome completness to cognitive aspect is 20% and inprove to 90% in cycle II. In cycle I learning outcome comletness to afektive aspect is 20% and improve to 90% in cycle II. And than in cycle I learning outcane psicomotoric is 10% and improve to 90% in cycle II. So the comclusion that this research syccesfull and appropriate with succesfully indicator. Keywords: Learning Outcome, Cooperative Learning Model Type TPS