
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas IV SDN 010 Sesayap
Pengarang : Asransyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika materi perkalian dan pembagian siswa dengan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together di kelas IV SDN 010 Sesayap. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas IV SDN 010 Sesayap yang berjumlah 12 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar Matematika pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal mencapai 50%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 83%.
Kesimpulan PTK ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi perkalian dan pembagian siswa kelas IV SDN 010 Sesayap.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Numbered Heads Together
The purpose of this study was to determine the increase mathematics learning achievement material multiplication and division students with the application of learning model Numbered Heads Together in class IV SDN 010 Sesayap. Subject Action Research (PTK) is the fourth grade students of SDN 010 Sesayap totaling 12 students. Action Research (PTK) was conducted in two cycles, each consisting of four stages: planning, action, observation / observation and reflection. Data collection techniques used are tests and observation. Mathematics learning achievement in cycle 1 classical learning completeness reached 50%, and the second cycle increased learning outcomes with classical learning completeness 83%. The conclusion of this research is that application of Numbered Heads Together learning type of cooperative learning method could improve the mathematics learning achievement on multiplication and division at Class IV of SDN 010 Sesayap. Keywords: Learning Achievement, Learning Model Numbered Heads Together