Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Bahau Hulu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Bahau Hulu

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Bahau Hulu

Pengarang : Apui Lenjau - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi rangka dan alat indra manusia dengan menerapkan media gambar pada siswa kelas IV SDN 005 Bahau Hulu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 005 Bahau Hulu pada semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 005 Bahau Hulu yang berjumlah 5 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 3 siswa dan perempuan berjumlah 2 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (percaya diri, kerjasama, dan teliti), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 005 Bahau Hulu. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 20% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 60% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 60% pada siklus II meningkat menjadi 80%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Media Gambar

The objective of this study is to is to Increasing Students’ Achievment of Learning Science Topic of Framework of human and human senses by applying picture media in grade IV SDN 005 Bahau Hulu. Design of this research is classroom action research (CAR) that is done in SDN 005 Bahau Hulu at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of IV class in SDN 005 Bahau Hulu which consists of 3 male and 2 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (confident, team work, and thorough) and psychomotor assessment. The result of this research showed that by implementing pictures media can improve students’ achievement in learning Science at students IV class in SDN 005 Bahau Hulu. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 20%, and having an improvement in cycle II, that is 80%. in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 60%, and having an improvement in cycle II, that is 80%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 60%, and having an improvement in cycle II, that is 80%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Science, the Picture

Detail Informasi