
Penerapan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Tema Kesehatan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 004 Malinau Barat
Pengarang : Apri Yumaita - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa pada tema kesehatan dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas I SDN 004 Malinau Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas I SDN 004 Malinau Barat tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki kegiatan utama atau tahapan penelitiann yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya kemampuan menulis siswa aspek kognitif dengan 80 % siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 serta aspek afektif dan aspek psikomotorik siswa mencapai kriteria baik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar terbukti mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas I SDN 004 Malinau Barat. Penelitian ini lebih menekankan pada tiga aspek yaitu kognitif, psikomotorik dan afektif. Ketuntasan pada aspek kognitif mengalami peningkatan setelah menggunakan media gambar pada siklus I diperoleh 70% menjadi 95% pada siklus II. Pada aspek psikomotorik pada siklus I diperoleh dengan kategori cukup dengan persentase 70% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Aspek afektif pada siklus I diperoleh dengan kategori cukup dengan persentase 70% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II dengan kategori baik sekali. Indikator keberhasilan yang telah ditentukan pada penelitian ini yaitu kriteria baik pada aspek afektif dan psikomotorik serta 80% siswa mencapai KKM dengan nilai 70 pada aspek kognitif, dan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar di atas 80% yaitu 95% pada aspek afektif dan 100% pada aspek psikomotorik serta 95% untuk aspek kognitif, maka penelitian ini dianggap berhasil.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Media Gambar
Aims of this study are to improve the ability of student to write on health themes using images media of I grade student at SDN 004 Malinau Barat. This study includes classroom action research with the subject of research is the I grade at SDN 004 Malinau Barat in academic year 2015/2016 which amounts to 15 students. This study was conducted within two cycles and each cycle consist of planning, action and observation, and reflection. The research instrument used in this research are the student activity sheet, teacher observation sheet, affective and psychomotor observation sheet and achievement test. Indicators of success in this research is characterized by increasing the ability of student to write with 80% of students can achieve in KKM which determined at 70 also affective aspect and psychomotor aspect of student achieving good criteria. The results of this study is indicating that use of images media has proven to improve ability of student to write of I grade student at SDN 004 Malinau Barat. This study emphasizes on the three aspects of cognitive, psychomotor and affective. Exhaustiveness on cognitive aspects increased after using the images media on the first cycle obtained 70% to 90% in the second cycle. In psychomotor aspect in the first cycle was obtained enough category with percentage of 70% and increased to 100% with excellent category in the second cycle. Affective aspects in the first cycle was obtained enough category with percentage of 80% and increased to 100% with excellent category in the second cycle. Keywords: Ability to Write, Images Media