
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Rangka Dan Alat Indera Manusia Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 001 Pujungan
Pengarang : Anye - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Kenampakan Alam dengan menerapkan model Demonstrasi siswa kelas IV SDN 001 Pujungan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 001 Pujungan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 001 Pujungan yang berjumlah 12 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 8 siswa dan perempuan berjumlah 4 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 001 Pujunagn. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 0% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Siswa
The objective of this study is to improve students’ achievement in learning Civic especially for nature material by Type of Demonstration at the IV class in SDN 001 Pujungan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 001 Pujungan at second semester I in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of IV class in SDN 001 Pujungan which consists of 8 male and 4 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement). The result of this research shows that by implementing cooperative learning metode Demonstration can improve students’ achievement in learning Civic especially for operation and amount material at the IV class in SDN 001 Pujungan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 0%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. having an improvement in cycle II, that is 100%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Demonstration Method, Student