Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Di SDN 043 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Di SDN 043 Tarakan

Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Di SDN 043 Tarakan

Pengarang : Rosida - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Efektifitas Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Learning Cell Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Di SDN 043 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada 17 Juni - 17 Juli 2016 di SDN 043 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen semu dengan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa pada kelas IV di SDN 043 Tarakan yang berjumlah 173 siswa dan sampel sebanyak 2 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, yaitu pengambilan sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikn strata yang ada dalam populasi itu. Data di analisis menggunakan software SPSS 22.0 for Window. Teknik analisis data menggunakan uji t Independent Sample t-test.
Hasil analisis uji t Independent Sample t-test diperoleh nilai thitung 3,124 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk 66 diperoleh ttabel 1,668 berarti thitung > ttabel sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe The Learning Cell memiliki hasil lebih baik daripada siswa pada kelas kontrol yang menggunakan strategi pembelajaran langsung (konvensional) dengan kata lain Ho ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif the Learning Cell, Pemahaman Konsep Siswa

The purpose of this research is to understand the effectiveness from active studied strategy learning cell type for students understanding concept in civic studied in class IV SDN 043, Tarakan. This research was held on 17 Juny until 17 July 2016 in SDN 043, Tarakan. The type of this research is quantitative which carried out the quasi experiment design. The population of this research were all the students in class IV in SDN 043, Tarakan with total of 173 students and sample as much as 2 classes. The technic that used is simple random sampling. Technic that randomly taking sample without regardless the strata in that population. To analyst the data use the helped from software spss 22.0 for windows. Analyst data technic use independent sample t-test. Result from independent sample t-test obtain value thitung 3,124 in significant level a=0,05 and dk=66 obtain ttable 1,1668 mean thitung > ttable. So, it can conclude in experiment class that use the active studied strategy learning cell type have better education result rather than the control class that use the direct learning method. In other words, Ho reject, and Ha accepted. Keywords: Active Learning Strategy Type The Learning Cell, Students Understanding Concept

Detail Informasi