
Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Siswa Kelas V SDN 004 Malinau Kota
Pengarang : Andaiyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan penerapan Metode Diskusi Kelompok telah diterapkan pada siswa kelas V SDN 004 Malinau Kota tahun ajaran 2015/2016. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 004 Malinau Kota yang berjumlah 28 orang. Objek penelitian ini adalah Pelajaran PKn dengan materi menghargai keputusan bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran diskusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SDN 004 Malinau Kota.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model siklus yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Arikunto yang setiap siklusnya terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan nilai siswa dapat mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode pembelajaran diskusi kelompok. Data awal ketuntasan siswa pelajaran PKn kelas V SDN 004 Malinau Kota adalah 14 % secara klasikal dengan kategori melampaui, setelah dilakukan penerapan pembelajaran dengan diskusi kelompok pada siklus I menjadi 77,7 % dan terus meningkat pada siklus II menjadi 96,43%.
Terkait dengan hasil penelitian, maka diharapkan bahwa guru dapat melatih dan menerapkan metode diskusi kelompok pada pembelajaran PKn.
Kata Kunci: Metode Diskusi Kelompok dan Hasil Belajar
Classroom Action Research (PTK) with the application of group discussion method has been applied to the fifth grade students of SDN 004 Malinau Kota academic year 2015/2016. Subjects were students of class V SDN 004 Malinau Kota totaling 28 people. The object of this study is a Civics Lesson material by applying learning media. The purpose of this study was to determine whether the model of group discussion teaching can improve learning outcomes Civics in grade V SDN 004 Malinau Kota. The design used in this research is the Classroom Action Research (PTK). Cycle model used in this study is a model Arikunto which each cycle consists of Planning, Implementation, observation and reflection. The results showed that the acquisition value of the students may have increased after the implementation of discussion teaching methods. Preliminary data completeness Civics class student V SDN 004 Malinau Kota is 14% in the classical categories exceed, after application of learning by a group discussion on the first cycle to 77.7% and continues to increase in the second cycle to 96,43%. Related to the research results, it is expected that teachers can train and apply the method of discussion groups on civics lesson. Keywords: Group Discussion Methods and Learning Outcomes