
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Peraga Lidi Siswa Kelas IV Di SD Negeri 002 Malinau Selatan Hilir
Pengarang : Andareas - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Operasional bilangan bulat dengan menggunakan media lidi pada siswa kelas IV SDN 002 Malinau Selatan Hilir.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 002 Malinau Selatan Hilir pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 002 Malinau Selatan Hilir yang berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan perempuan berjumlah 11 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media lidi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi Operasi Bilangan bulat siswa kelas IV SDN 002 Malinau Selatan Hilir. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar hanya 61% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif tetap 61% pada siklus II meningkat menjadi 79%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 4% siswa yang tuntas pada siklus II meningkat menjadi 75%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 0% pada siklus II meningkat menjadi 75%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
The objective of this research was to improve students’ learning result in Mathemathics on the materials about the Operational number circle. This research applied the model of cooperative learning Using Broom Sticks at fourth grade students at class IV of SDN 002 Malinau Selatan Hilir. The research design used by the researcher was Classroom Action Research (CAR) conducted in SDN 002 Malinau Selatan Hilir in semester II academic year 2015/2016. The subject of this research was the students at class IV of 002 Malinau Selatan Hilir. The number of the students in this class was 20 students of 17 females and 11 males. This research was conducted in two cycles. Each cycle consisted of two meetings. The procedure of each cycle consisted of planning, acting or implementing, observing and reflecting. The data of this research was taken by using students’ observation sheet, teacher’s observation sheet, cognitive assessment, affective assessment, and phsycomotoric assessment. The result of this research proved that by applying the model of cooperative learning Using Broom Sticks could improve students’ learning result in mathemathics about Operational number circle at class IV of SDN 002 Malinau Selatan Hilir. It could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. The percentage of success was 61% only before applying the learning model. Whereas, after applying the model of learning in cycle I, students’ percentage of success in cognitive aspect was 61 % and improved to 79 % in cycle II. In cycle I students’ learning result in affective aspect was 4 % whereas in cycle II it was improved to 75 %. Then, in cycle I students’ learning result in phsycomotoric aspect was % meanwhile in cycle II it was improved to 75%. Therefore it can be concluded that the research was success and correlates with the indicator of success.