Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Bahau Hulu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Bahau Hulu

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV SDN 005 Bahau Hulu

Pengarang : Along Ngau - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan metode demonstrasi di kelas IV 005 Bahauhulu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 005 Bahauhulu yang berjumlah 5 siswa, data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru, dan lembar pengamatan aktivitas siswa.
hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 20% pada siklus II meningkat menjadi 100%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Metode Demonstrasi

The aim of this research is to improve Mathematics Method of Demonstration in IV class of SDN 005 Bahauhulu. The type of this research is Classroom Action Research (CAR) which was held in 2 cycles, where each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The object of this research is students in IV class of SDN 005 Bahauhulu with the total number of 5 students. Data found using student’s learning outcome test in description, teacher’s activity observation form, and students’s activity observation form. The percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 20 %, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Keywords: Learning Achievement, Mathematics Method of Demonstration

Detail Informasi