Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas IV B SDN 003 Malinau Selatan Hilir | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas IV B SDN 003 Malinau Selatan Hilir

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas IV B SDN 003 Malinau Selatan Hilir

Pengarang : Alexander - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas IV B SDN 003 Malinau Selatan Hilir. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas IV B SDN 003 Malinau Selatan Hilir tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki kegiatan utama atau tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik serta tes hasil belajar. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPS (aspek kognitif) dengan 80 % siswa mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 dan mencapai nilai dengan kategori baik pada aspek afektif dan aspek psikomotorik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV B tahun pembelajaran 2015/2016 yaitu memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan ≥ “Baik” pada aspek afektif dan psikomotorik, dan ketuntasan yang diperoleh siswa pada aspek afektif dari siklus I sebanyak 18 siswa menjadi 20 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan dari siklus I sebesar 90% menjadi 100% pada siklus II, aspek psikomotorik dari siklus I sebanyak 17 siswa menjadi 20 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan siklus I sebesar 85% menjadi 100% pada siklus II, serta aspek kognitif siswa dari siklus I sebanyak 14 siswa menjadi 18 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan 70% menjadi 90% pada siklus II. Tercapainya indikator keberhasilan diatas minimal 80% pada aspek kognitif yaitu 90% maka penelitian ini dianggap berhasil.

Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT

Aims of this study are to improve student learning outcomes of social science using cooperative learning model of IV grade student at SDN 003 Malinau Selatan Hilir. This study includes classroom action research with the subject of research is the IV grade at SDN 003 Malinau Selatan Hilir in academic year 2015/2016 which amounts to 20 students. This study was conducted within two cycles and each cycle consist of planning, action and observation, and reflection. The research instrument used in this research are the student activity sheet, teacher observation sheet, affective and psychomotor observation sheet and achievement test. Indicators of success in this research is characterized by increasing student learning outcomes of social science with 80% of students can achieve in KKM which determined at 70 also affective aspect and psychomotor aspect of student achieving good criteria. The results of this study is indicating that use of cooperative learning model has proven to improve student learning outcomes of IV grade student at SDN 003 Malinau Selatan Hilir in academic year 2015/2016 that reaching the criteria specified minimum completeness is good in affective aspect and psychomotor aspect, and student who pass the affective aspect as many as 18 students with percentage 90% in the first cycle and increased 20 students with percentage 90% in the second cycle, in psychomotor aspect in the first cycle was obtained 17 student with percentage of 85% and increased to 20 student with percentage 100% in the second cycle also cognitive aspects in the first cycle was obtained 14 student with percentage of 70% and increased to 18 student with percentage 90% in the second cycle. Achieving success indicator above the minimum 80%, is 90%, this research considered successful. Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model

Detail Informasi