
Penerapan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 008 Sesayap Hilir
Pengarang : Aisyah J. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini memakai Model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu ragam penelitian kelas, yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah- masalah pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dua siklus.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan di kelas IV SDN 008 Sesayap Hilir.Hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata adalah 80 dan pada siklus II sebesar 87. Sedangkan ketuntasan secara klasikal mencapai 100% sehingga diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbantuan alat peraga di kelas IV SDN 008 Sesayap Hilir meningkajaran dengan menggunakan metode eksperimen berbantuan alat peraga di kelas IV SDN 008 Sesayap Hilir meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran IPA tentang struktur dan fungsi bagian tumbuhan.
Kata Kunci: Penerapan Metode Eksperimen Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 008 Sesayap Hilir
This research used classroom action research model that is classroom research variety conducted by teacher to solve learning problems. The research design consists of planning, implementation, observation, and reflection. This research was conducted two cycles. This research aimed to improve student’s learning achievement of natural science learning on structure and function of plant parts of the 4 grade students of SDN 008 Sesayap Hilir. Data analysis result could be concluded that students learning achievement having improvement from first cycle with average 80 to second cycle with average score 87. Meanwhile, the classical completeness was 100%, so it could be concluded that learning process using experimental method aided by visual aid in grade students of SDN 008 Sesayap Hilir improved students activities of natural science learning on structure and function of plant part. Keywords: The Implementation of Experimental Method Aided by Kit to Improve Science Learning Result of The 4 Grade Students of SDN 008 Sesayap Hilir