Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Bahau Hulu | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Bahau Hulu

Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV SDN 002 Bahau Hulu

Pengarang : Ahmad Len - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 002 Bahau Hulu melalui penerapan metode demonstrasi dengan berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 002 Bahau Hulu yang berjumlah 4 siswa. Data yang diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, lembar penilaian afektif siswa, dan lembar penilaian psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh mengalami peningkatan pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 33,33% dari kriteria ketuntasan minimum 65. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 50,00% menjadi 100,00% masing-masing siklus. Penilaian afektif dan psikomotorik siswa telah mencapai kategori baik. Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan metode demonstrasi dengan berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi fungsi rangka dan pemeliharaannya di kelas IV SDN 002 Bahau Hulu.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Metode Demonstrasi, Media Gambar

This study aims to improve science learning outcomes in grade IV SDN 002 Bahau Hulu through the application of methods of assisted demonstration with media images. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. The subjects were students of class IV SDN 002 Bahau Hulu, amounting to 4 students. Data obtained using achievement test in the form of multiple choice, teacher activity observation sheet, sheets observation of student activity, student assessment sheets affective, and psychomotor assessment form students in learning management. These results indicate that an increase in student learning outcomes. The results obtained have increased in each cycle, before being given the action in the classical learning completeness reached only 33.33% of the minimum completeness criteria 65. After the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 50.00% to 100, 00% of each cycle. Assessment of affective and psychomotor student has achieved good category. Conclusion Action Research (PTK) is the application of methods aided demonstration with media images can improve learning outcomes IPA material order and maintenance functions in class IV SDN 002 Bahau Hulu. Keywords: Learning Outcomes, IPA, Method Demonstrations, Media Images

Detail Informasi