Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas IV SDN 013 Tanjung Selor | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas IV SDN 013 Tanjung Selor

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas IV SDN 013 Tanjung Selor

Pengarang : Ahmad B. - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar di kelas IV SDN 013 Tanjung Selor.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 013 Tanjung Selor yang berjumlah 12 siswa, data yang diperoleh melalui menggunakan tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan ganda, lembar pengamatan aktivitas guru dan lembar penilaian afektif siswa, dan lembar penilaian psikomotorik siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa baik ranah afektif, psikomotorik, dan kognitif. Hasil yang diperoleh siswa pada ranah afektif yaitu siklus I rata-rata nilai sebesar 64,67 meningkat di siklus II menjadi 81,50, pada ranah psikomotorik rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 69,83 dan mengalami peningkatan di siklus II sehingga menjadi 88,66. Sedangkan hasil belajar ranah kognitif sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 50,00% dari kriteria ketuntasan minimum 71. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II, pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 66,67% menjadi 83,33% masing-masing siklus.
Kesimpulan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN 013 Tanjung Selor dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Media Gambar

This study aims to improve learning outcomes by implementing IPS cooperative learning model STAD assisted image media in class IV SDN 013 Tanjung Selor. This research is a classroom action research conducted in two cycles, each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects were 013 fourth grade students of SDN Tanjung Selor amounting to 12 students, the data obtained through the use of the test results of students in the form of multiple choice, teacher activity observation sheet and student assessment sheets affective, and psychomotor assessment form students in learning management. The analysis technique used is qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. These results indicate that an increase in student learning outcomes either affective, psychomotor, and cognitive. The results obtained by students in the affective domain is the first cycle of the average value of 64.67 increased in the second cycle into 81.50, the psychomotor domain of the average values obtained by the students in the first cycle of 69.83 and increased in the second cycle so that it becomes 88.66. While the results of cognitive learning before the given action in classical learning completeness reached only 50.00% of the minimum completeness criteria 71. After the action on the first cycle and the second cycle, the learning achievement increased gradually from 66.67% to 83.33% respectively -masing cycle. Conclusion Action Research (PTK) is the implementation of cooperative learning model STAD images in the media-assisted learning social studies in grade IV SDN 013 Tanjung Selor can improve student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, IPS, Cooperative Learning Model STAD, Media Images

Detail Informasi