
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Nyaring Menggunakan Metode Demonstrasi Siswa Kelas III SDN 007 Malinau Selatan Hilir
Pengarang : Agustinus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca nyaring dengan metode demonstrasi siswa kelas III SDN 007 Malinau Selatan Hilir. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN 007 Malinau Selatan Hilir tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 10 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus memiliki kegiatan utama atau tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar aktivitas siswa, lembar observasi guru, lembar pengamatan afektif dan psikomotorik. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca nyaring dengan ketuntasan minimal 75%.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dengan menggunakan metode demostrasi terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas III tahun pembelajaran 2015/2016 yaitu memenuhi kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan 70, ketuntasan yang diperoleh siswa pada aspek Afektif, dari siklus I sebanyak 6 siswa menjadi 9 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan dari siklus I sebesar 60% menjadi 100% pada siklus II, aspek Psikomotorik dari siklus I sebanyak 7 siswa menjadi 9 siswa pada siklus II dengan persentase ketuntasan siklus I sebesar 70% menjadi 90% pada siklus II. Tercapainya indikator keberhasilan ketuntasan klasikal dan KKM diatas minimal 75% pada aspek afektif dan psikomotorik maka penelitian ini dianggap berhasil.
Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Metode Demostrasi
Aims of this study are to improve student learning outcomes on Indonesian in read aloud matter by the method of demonstration of III grade student at SDN 007 Malinau Selatan Hilir. This study includes classroom action research with the subject of research is the III grade at SDN 007 Malinau Selatan Hilir in academic year 2015/2016 which amounts to 10 students. This study was conducted within two cycles and each cycle consist of planning, action and observation, and reflection. The research instrument used in this research are the student activity sheet, teacher observation sheet, affective and psychomotor observation sheet. Indicators of success in this research is characterized by increasing student learning outcomes with 75% of students can achieve in KKM which determined at 70. The results of this study is indicating that use method of demonstration proven to improve student learning outcomes of III grade student at SDN 007 Malinau Selatan Hilir. This study emphasizes on the three aspects psychomotor and aspects affective. In psychomotor aspect in the first cycle was obtained with percentage of 70% and increased to 90% in the second cycle. Affective aspects in the first cycle was obtained with percentage of 60% and increased to 100% in the second cycle, this research considered successful in read aloud matter. Keywords: Learning Outcomes of Indonesian, Method of Demonstration