
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Tubuh Manusia Dan Hewan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Di Kelas V SDN 001 Pujungan
Pengarang : Agus Ben - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi organ tubuh dan manusia organ tubuh manusia dan hewan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V SDN 001 Pujungan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 001 Pujungan pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 001 Pujungan yang berjumlah 11 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 3 siswa dan perempuan berjumlah 8 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan santun), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi organ tubuh manusia dan hewa siswa kelas V SDN 001 Pujungan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 75% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 79% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 79% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Siswa
The objective of this study is to improve students’ achievement in learning Civic especially for organ body human and animal material by implementing Cooperative Learning Type of STAD at the III class in SDN 001 Pujungan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 001 Pujungan at second semester in academic year of 2015/2016. The subjects of this research are students of V class in SDN 001 Pujungan which consists of 3 male and 8 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of STAD can improve students’ achievement in learning Civic especially for organ body and animal material at the III class in SDN 001 Pujungan It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 75%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 79%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 79%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type STAD, Student