
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas V SDN 006 Sesayap Hilir
Pengarang : Abusono - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 006 Sesayap Hilir pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 006 Sesayap Hilir yang berjumlah 12 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 7 siswa dan perempuan berjumlah 5 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (teliti, kerjasama dan bertanggung jawab), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 006 Sesayap Hilir. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 59% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 66% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 66% pada siklus II meningkat menjadi 92%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: PTK, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 006 Sesayap Hilir at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of V class in SDN 006 Sesayap Hilir which consists of 7 male and 5 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, thorough, and be liable) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of make a match can improve students’ achievement in learning IPA especially for the operation number round material at the V class in SDN 006 Sesayap Hilir. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 59%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 66%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 66%, and having an improvement in cycle II, that is 92%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Classroom Action Research, Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type Make a Match