Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 023 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 023 Tarakan

Pemanfaatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 023 Tarakan

Pengarang : Yuni Angry Lestari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 023 Tarakan dengan menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, mulai tanggal 4 Januari – 4 Februari 2016. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN 023 Tarakan dengan jumlah 30 siswa, dengan rincian 10 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa materi mendengarkan dan menanggapi cerita tentang peristiwa di kelas V SDN 023 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I siswa sebesar 30% pada siklus II meningkat menjadi 73%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I sebesar 37%, pada siklus II meningkat menjadi 70%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siklus I sebesar 33%, pada siklus II meningkat menjadi 73%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division

Research method is Classroom Action Research (CAR). This research aims to improve the students learning result of Indonesia Languange for fifth grade of SDN 023 Tarakan through cooperative learning model type Student Teams Achievement Division. This research has two cycle, October 4 Januari – 22 Februari 2016. The subject of this research is fifth grade students of SDN 023 Tarakan. The total members of the population is 30 students, 10 female students and 20 male students. The research result show that cooperative learning model type Student Teams Achievement Division could improve students learning results of Bahasa Indonesia on green plants course for fifth grade students of SDN 023 Tarakan. It can be seen from the percentage of students cognitive learning results on first cycle of 30% on second cycle increased of 73%. Then affective learning results on first cycle is 37% on second cycle become 70%. Last psycomotoric learning results on first cycle of 33% and second cycle increased of 73%. So it can be said that the research was succesfully and accordance with the indicators of success. Keywords: Indonesia Language, Learning Result, Student Teams Achievement Division

Detail Informasi