
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Course Review Horray Pada Kelas IV-B SDN 012 Tarakan
Pengarang : Yunarti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horray pada siswa kelas IV-B SDN 012 Tarakan materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 012 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 012 Tarakan yang berjumlah 32 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 16 siswi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian untuk memperoleh data adalah lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek afektif (sikap), penilaian aspek psikomotorik (keterampilan) dan tes hasil belajar yang terdiri dari 10 soal essay.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe course review horray dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa materi menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di kelas IV-B SDN 012 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar adalah 51,70% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar kognitif siswa menjadi 66% pada siklus II meningkat menjadi 84%. Kemudian hasil belajar psikomotorik siklus I 19%, pada siklus II meningkat menjadi 94%. Kemudian hasil belajar afektif siklus I 28%, pada siklus II meningkat menjadi 91%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horray
The purpose of this research is to improve the learning results of IPS using the learning model cooperative type course review horray on students of class IV B SDN 012 Tarakan material to appreciate the diversity of peoples and cultures. This type of research is used by researchers is the class action research (PTK) held in SDN 012 Tarakan in the first academic year 2015/2016, with the subject of the research was grade IV-B SDN 012 Tarakan totalling 32 students with male students numbered 16 students and women numbered 16 students. This research was conducted in two cycles each cycle consists of three times. Procedure each cycle consists of planning, action, observation and reflection. Research instrument to obtain data are observation sheets activities of students, teachers, activity observation sheet valuation aspects of affective (attitude), assessment of aspects of psychomotor (skills) and test the results of the study consists of 10 question essay. The results showed that cooperative learning model by using the type course review horray can improve learning outcomes students appreciate diversity material IPS tribes and cultures in the class IV-B SDN 012 Tarakan. It can be seen from the results obtained in each cycle, before the given action ketuntasan learning is 51.70% and after the given action on the cycle I ketuntasan cognitive learning results students become 66% in cycle II increased to 84%. Psychomotor learning cycle results then I 19%, cycle II increased to 94%. Affective learning outcomes then the cycle I 28%, cycle II increased to 91%. Then it can be said that the research was successfully and in accordance with the indicators of success. Keywords: Social Sciences, Learning Outcomes, Learning Model Cooperative Type Course Review Horray