Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Siswa Kelas XI Di SMA Katolik Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Siswa Kelas XI Di SMA Katolik Frater Don Bosco Tarakan

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Siswa Kelas XI Di SMA Katolik Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Wiwin Novianti Parintak - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS berbasis keterampilan proses sains sebagai bahan ajar biologi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas XI SMA dan untuk mengetahui kualitas LKS berbasis keterampilan proses sains pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan untuk siswa kelas XI SMA dilihat dari segi respon guru dan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development, dan Disseminate). Akan tetapi, pada prosedur penelitian dan pengembangan ini, tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan peneliti. Data penelitian dianalisis melalui uji kelayakan dan respon guru serta respon siswa. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa LKS berbasis keterampilan proses sains yaitu ahli media sebesar 84% (sangat layak), ahli materi sebesar 81% (sangat layak), ahli bahasa sebesar 93% (sangat layak) sehingga memperoleh persentase rata-rata kelayakan 86% (sangat layak). Sementara itu, respon guru biologi mendapat nilai sebesar 90% (sangat praktis), dan respon siswa mendapat nilai sebesar 90,1% (sangat menarik).

This study aims to determine the feasibility of LKS based on science process skills as teaching materials on structure and function of plant tissue for eleventh graders and to determine the quality of LKS based on science process skills in plant structure and function to pic for eleventh graders based on teacher and student responses. This research is Research and Development. The development procedure uses development model 4-D (Define, Design, Development, and Disseminate). However, in this research and development procedure, the stage was disseminate not carried out due to the limitations of the researcher. The data were analyzed through feasibility tests, teacher responses, and students responses. The results showed that science process based LKS obtalned scored 84% (very feasible) from media expert, material experts scored 81% (very feasible), linguists scored 93% (very feasible) so the average percentage of eligibility was 86% ( very feasible). Meanwhile, biology teacher's responses obtained 90% (very practical), and student responses of scored 90,1% (very interesting).

Detail Informasi