
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Materi Makhluk Hidup Dan Proses Kehidupan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB SDN 002 Tarakan
Pengarang : Yulianah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada materi Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan di kelas V-B SDN 002 Tarakan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V-B SDN 002 Tarakan yang berjumlah 32 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi.
Hasil belajar pada siklus 1 ketuntasan belajar 69%, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal 88%. PTK ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble di kelas V-B SDN 002 Tarakan. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble di kelas V-B SDN 002 Tarakan meningkatkan hasil belajar pada materi Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Kooperatif Tipe Scramble
The aim of the research was to improve the students’ learning achievement on IPA by using cooperative type Scramble model at class V-B SDN 002 Tarakan. The design of the research was classroom action research (CAR). The subject of the research was the students of class V-B SDN 002 Tarakan. The total of the students was 32 students. The research was conducted into 2 cycles. The cyles was consisted of four stages; planning, doing; observing; and reflection. The techninques of collecting data were test and observation. The learning achievement at cycle at cycle 1 was 69%, and the learning achievement at cycle 2 was 88%. The students’ learning achievement was increasing from cycle 1 to cycle 2 was 12% the conclusion of the research was the used of cooperative type Scramble model in teaching learning process improved the students learning achievement particularly at class V-B SDN 002 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, IPA, Scramble