Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan

Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan

Pengarang : Yuli Soleha - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan produk LKS berbasis keterampilan pada tema indahnya kebersamaan kelas IV di SDN Utama 1 Tarakan dan menghasilkan produk LKS berbasis keterampilan pada tema indahnya kebersamaan yang berkualitas dari aspek kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dari model Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono (2015) yang dibatasi sampai pada tahap ke sembilan. Instrumen penelitian dan pengembangan ini menggunakan lembar pedoman wawancara guru, angket validasi ahli isi, angket validasi ahli bahasa, angket validasi ahli desain, angket respon guru, angket respon siswa, lembar observasi keterpakaian produk, dan lembar keterbacaan. Uji coba produk menggunakan siswa kelas IV sebanyak 6 orang dan uji coba pemakaian menggunakan siswa kelas IV sebanyak 30 orang.
Proses pengembangan LKS berbasis keterampilan tema indahnya kebersamaan kelas IV SDN Utama 1 Tarakan dilakukan melalui sembilan tahap penelitian pengembangan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) mengumpulkan informasi, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) ujicoba produk, 7) revisi produk, 8) ujicoba pemakaian, 9) revisi produk akhir. Kualitas LKS diperoleh dari aspek kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Pada aspek kelayakan dari hasil validasi ahli isi sebesar 90% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa sebesar 88% dengan kategori sangat layak, dan ahli desain sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Pada aspek kepraktisan, angket respon guru kelas IV sebesar 91% dengan kategori sangat praktis dan observasi keterpakaian LKS sebesar 87% dengan sangat praktis. Pada aspek keefektifan, hasil angket keefektifan respon siswa uji coba produk sebesar 95% dengan kategori sangat efektif, angket keefektifan respon siswa uji coba pemakaian sebesar 96% dengan kategori sangat efektif, hasil keterbacaan uji coba produk sebesar 97% dengan kategori mudah, dan hasil keterbacaan uji coba pemakaian sebesar 88% dengan kategori mudah. Berdasarkan dari hasil tersebut dapat disimpulkan LKS berbasis keterampilan yang dikembangkan berkualitas.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Keterampilan, LKS

The aims of the study are to know the process of development of LKSbased on Skill theme the beauty of togetherness at IV class in SDN Utama1 Tarakan and to develop LKS based on Skill theme the beauty of togetherness which have a quality included valid, practice and effective. This study is Research and Development of Borg & Gall model which is modified by Sugiyono (2015) and the study is limited to the ninth step. Instruments that are used in this study were interview sheet for the teacher, interview sheet for the student, questionaire of material validation, questionaire of design validation, questionaire of teacher’s respond, questionaire of students’ respond, observation sheet of product practical and readability sheet. Try out of the product was conducted by 6 students of IV class and main field tryout was conducted by 30 students of IV class. The development process of LKS based on Skill theme the beauty of togetherness is done by ninth step of research and development, those are 1) need analysis, 2) data collection, 3) designing product, 4) validation, 5) revision, 6) product tryout, 7) revision of the product, 8) main testing tryout, 9) revision of the product. The quality of LKS based on the valid, practice and effective. For valid aspect, it was obtained by result of content validation that is 90% which means very valid and for language validation is 88% which means very valid and for design validation is 90% which means very valid. For practial aspect, of the result questionaire of IV class teacher’s respond is 91% which means very practical, the result of observation product tryout is 87% which means very practical. For effective aspect, the result of the result of questionaire of students’ respond in product tryout is 96% which means very effective, the result of readability sheet in product tryout is 97% which means in easy category, the result of readability sheet in main testing tryout is 88% which means in easy category. It can be conclude that LKS based on Skill that is developed was qualified. Keywords: Research and Development, Skill, LKS

Detail Informasi