Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Kearifan Lokal Tema Kegemaranku Subtema Gemar Berolahraga & Gemar Bernyanyi Dan Menari Di Kelas I SDN Utama 1 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Kearifan Lokal Tema Kegemaranku Subtema Gemar Berolahraga & Gemar Bernyanyi Dan Menari Di Kelas I SDN Utama 1 Tarakan

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Kearifan Lokal Tema Kegemaranku Subtema Gemar Berolahraga & Gemar Bernyanyi Dan Menari Di Kelas I SDN Utama 1 Tarakan

Pengarang : Tiara Adi Pratiwi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa berbasis kearifan lokal untuk kelas I pada tema kegemaranku subtema gemar berolahaga & gemar bernyanyi dan menari di SDN Utama 1 Tarakan dan menghasilkan LKS yang layak untuk digunakan.
Penelitian ini mengadopsi prosedur penelitian dan pengembangan (research and development) dari Sugiyono, yang terdiri dari potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, dan revisi produk.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) LKS termasuk dalam kategori valid dari aspek isi dan materi dengan skor rata-rata 4,44 kategori sangat baik, aspek bahasa dengan skor rata-rata 4 kategori baik dan aspek desain dengan skor rata-rata 4,04 kategori sangat baik (b) LKS termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata rata 3,83 kategori baik (c) LKS termasuk dalam kategori efektif dari aspek pengamatan aktivitas siswa dengan skor rata-rata 3,45 kategori baik, aspek respon siswa dengan rata-rata skor 4,32 kategori sangat baik, dan aspek hasil belajar siswa dengan rata-rata skor 4,74 kategori sangat baik.

This research aims to result student worksheet basic on local culture for grade 1 on theme kegemaranku subtheme gemar berolahraga and gemar bernyanyi dan menari of SDN Utama 1 Tarakan and aims to result valid student worksheet to be used. This research was Research and Development with adopt procedure from Sugiyono which is potential and problem, gather information, product design, design validation, the revised design, product testing, product revision, testing usage, and product revision. This result showed that : (a) student worksheet included in the category of valid from aspect content and material with average score 4,44 category very good, aspect language with average score 4 category good, and aspect design with average score 4,04 category very good (b) student worksheet included in the category of practice with average score 3,83 category good (c) student worksheet included in the category effective from aspect observation student activity with average score 3,45 category good, aspect student response with average score 4,32 category very good, and aspect student learning outcomes with average score 4,74 category very good.

Detail Informasi