
Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV-C SDN 006 Tarakan
Pengarang : Widy Rahayu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas IV-C SDN 006 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 006 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-C SDN 006 Tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan perempuan berjumlah 13 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV-C SDN 006 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 73% pada siklu II meningkat menjadi 90%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 90% pada siklus II meningkat menjadi 97%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 63% pada siklus II meningkat menjadi 90%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: PTK, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together
The objective of this research was to improve students’ learning result in on IPS major by using cooperative learning model type Tipe Numbered Head Together (NHT) at class IV-C of SDN 006 Tarakan. The research design used by the researcher was Classroom Action Research (CAR) conducted in SDN 006 Tarakan in semester I academic year 2016/2017. The subject of this research was the students at class IV-C of SDN 006 Tarakan. The number of the students in this class was 30 students of 17 males and 13 females. This research was conducted in two cycles. Each cycle consists of two meetings. The procedure of each cycle consists of planning, acting, observing, and reflecting. The data of this research was taken by using students’ observation sheet, teacher’s observation sheet, cognitive assessment, affective assessment and phsycomotoric assessment. The result of this research proved that by using model type Tipe Numbered Head Together (NHT) can improve students’ learning result in on IPS major at class IV-B of SDN 016 Tarakan. It could be seen from the percentage in each cycle which the students achieved. Whereas, after applying the model of learning in cycle I, students’ percentage of success in cognitive aspect was 73% and improved to 90% in cycle II. In cycle I students’ learning result in affective aspect was 90% and improved to 97% in cycle II. Then, in cycle I students’ learning result in phsycomotoric aspect was 63% meanwhile in cycle II it was improved to 90%. Therefore, it can be concluded that the research was success and correlates with the indicator of success. Keywords: Classroom Action Research, Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type Numbered Head Together