Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SDN 014 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SDN 014 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Di SDN 014 Tarakan

Pengarang : Wahyu Tri Juniansyah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw kelas IV di SDN 009 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 014 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 014 Tarakan yang berjumlah 25 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 11 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan percaya diri), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 014 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 44% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 56% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 64% pada siklus II meningkat menjadi 88%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

The objective of this study is to improve sains’ Learning Model Cooperative type jigsaw of at the IV class in SDN 014 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 014 Tarakan at one semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of IV class in SDN 014 Tarakan which consists of 11 male and 14 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, appreciate, and responsibility) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing Learning Model Cooperative type jigsaw can improve students’ achievement in learning at the IV class in SDN 014 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 44%, and having an improvement in cycle II, that is 86%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 56%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 64%, and having an improvement in cycle II, that is 88%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Learning Model Cooperative Type Jigsaw

Detail Informasi