
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V-B SDN 024 Tarakan
Pengarang : Wahyu Susanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 024 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 024 Tarakan yang berjumlah 34 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 17 siswa dan perempuan berjumlah 17 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (teliti, kerjasama dan bertanggung jawab), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V-B SDN 024 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 76% pada siklus II meningkat menjadi 82%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 65% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 82% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: PTK, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 024 Tarakan at second semester in academic year of 2015/2016. The subjects of this research are students of V-B class in SDN 024 Tarakan which consists of 17 male and 17 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, thorough, and be liable) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of think pair share can improve students’ achievement in learning at the V-B class in SDN 024 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 76%, and having an improvement in cycle II, that is 82%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 65%, and having an improvement in cycle II, that is 93%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 82%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Classroom Action Research, Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Think Pair Share