Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV-A SDN 047 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV-A SDN 047 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas IV-A SDN 047 Tarakan

Pengarang : Suwanto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui Pendekatan Scientific pada siswa kelas IV-A SDN 047 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu Planning (Perencanaan), Action (Tindakan), Observating (Pengamatan), dan Reflecting (Refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I yaitu 31% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 69% siswa tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 84% siswa telah dinyatakan tuntas sedangkan `16% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus I yaitu 31% siswa telah tuntas sedangkan 69% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II pada aspek afektif yaitu 81% siswa telah tuntas sedangkan hanya 19% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus I yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 41% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 59% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas yaitu 81% dan tidak tuntas yaitu 19%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan penggunaan Pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi memahami dan menggunakansifat-sifat operasi hitung pada siswa kelas IV-A SDN 047 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendekatan Scientific, Memahami Dan Menggunakan Sifat-Sifat Operasi Hitung

This research aimed at increasing grade 4-A learner's’ achievement of learning Mathematical using scientific approach at SDN 047 Tarakan. This is classroom action research which was conducted within two cycles. Each cycle consists of two meetings. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection stages. Data were collected using test and non-test instruments. The non-instruments consisted of assessment sheets of student’s cognitive, psychomotor and affective aspects, and observation sheets of student’s activities of learning management. For the psychomotor aspect, 31% learners achieved the minimum accomplishment at the first cycle and 84% at the second one. For the affective aspects, the total of learners who achieved the minimum accomplishment were 31% at the first cycle and 81 % at the second one. For the aspect of cognition, 41% learners reached the minimum accomplishment at the first circle and 81% at the second one. Based on the research results, it can be concluded that students’ learning achievements was improved by using Scientific Approach on the material of understanding and using the properties of mathematic operations. Keywords: Learning Achievement, Scientific Approach, Understanding and Using the Properties of Mathematic Operations

Detail Informasi