
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas VB SDN 045 Tarakan
Pengarang : Susi Hernawati - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together berbantuan media audio visual kelasVB SDN 045 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 045 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SDN 045 Tarakan yang berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki 12 siswa dan perempuan berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus,setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan.prosedur tiap siklus terdiri dari komponen Perencanaan, Tindakan, Pengamatan, dan Refleks. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperetiftipe numbered head together (NHT) berbantuan media audio visual dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas VB SDN 045 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperolah pada siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 50% pada siklus II meningkat menjadi 82%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indicator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Audio Visual, Siswa
The objective of this research was to improving the result of learning IPA at material the conclusion of appraise together by using the type numbered head together (NHT) aided audio visual media cooperative learning model for the students of fifth grade SDN 045 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 045 Tarakan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of VB class in SDN 045 Tarakan which consists of 12 male and 16 female students. The research is conducted in three cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing, and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students' observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement). The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of numbered head together aided media audio visual can improve students’ achievement in learning at the VB class in SDN 045 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cyle, in cyle I, the percentage of student's’ completeness in cognitive aspect is 50% and having an improvement in cycle II, that it 82%. There, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model Of Cooperative Learning Type Numbered Head Together Aided Media Audio Visual, Student