
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Pada Siswa Kelas V SDN 014 Tarakan
Pengarang : Suparti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi permasalahan yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana siswa kelas V SDN 014 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu Planning (Perencanaan), Action (Tindakan), Observating (Pengamatan), dan Reflecting (Refleksi).
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I yaitu 65% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 35% siswa tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 87% siswa telah dinyatakan tuntas sedangkan yang tidak tuntas 13%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus I yaitu 77% siswa telah tuntas sedangkan 23% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II pada aspek afektif yaitu 90% siswa telah tuntas sedangkan hanya 10% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus I yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 61% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 39% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas yaitu 84% dan tidak tuntas yaitu 16%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi permasalahan yang berkaitan dengan bangun datar dan bangun ruang sederhana pada siswa kelas V SDN 014 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write
This study aims to improve student learning outcomes in the matter of flat and simple geometry in SDN 014 Tarakan. This type of research used by researchers is the Classroom Action Research (PTK). Classroom Action Research (PTK) was conducted in two cycles, each of the four components, namely Planning (Planning), Action (action), Observating (Observation), and Reflecting (Reflection). Data collection techniques used are test and non-test. Data collection instruments used were a test of learning outcomes, student assessment sheets psychomotor, affective assessment sheets and sheets observation of student activity in learning management. The average completeness classical student learning outcomes in psychomotor aspects of the first cycle that 65% of students have otherwise been completed, while 35% of students did not complete. Increased in the second cycle, namely 87% of students have otherwise completed whereas 13% who did not complete. The average completeness classical student learning outcomes in the affective aspects of the first cycle that 77% of students had been completed, while 23% of students did not complete has increased in the second cycle in the affective aspects, namely 90% of students have completed while only 10% of students did not complete. The average completeness classical student learning outcomes on cognitive aspects in the first cycle ie students who have completed at 61%, while incomplete, namely a 39% increase in the second cycle is complete student with 84% and 16% complete. Based on the results of this study concluded that by applying the type cooperative learning model of Think Talk Write can improve learning outcomes mathematics on the matter of flat and simple geometry graders of SDN 014 Tarakan. Keywords: Learning Achievement, TTW Type Of Cooperative Learning Model