Hubungan Literasi Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA Negeri 3 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Literasi Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA Negeri 3 Tarakan

Hubungan Literasi Sains dan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Syarifah Novianur Muhammad - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa pada materi ekosistem. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Tarakan pada bulan September tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini sebanyak 36 siswa kelas XI IPA yang telah mempelajari materi ekosistem. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal literasi sains dan angket rasa ingin tahu siswa. Data dianalisis dengan uji korelasi product momen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 53% siswa memiliki kemampuan literasi sains pada rentang cukup. Hasil pengujian terhadap rasa ingin tahu menunjukkan bahwa terdapat 78% siswa memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa pada materi ekosistem dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,424 yang menunjukkan tanda (+) yang berarti terdapat hubungan yang positif antara literasi sains dan rasa ingin tahu siswa pada materi ekosistem di SMA Negeri 3 Tarakan dengan kriteria sedang.

This research was aimed to find out the correlation between science literacy and student’s curiosity on ecosystem topic. This research was conducted at SMA Negeri 3 Tarakan on September 2017. The method of this research was correlational by using quantitative approach. The samples of this research were 36 eleventh graders at class XI IPA that has already been learned ecosystem topic. The samples of this research were 36 eleventh graders at class XI IPA that has already been learned ecosystem topic. The samples were taken by using random sampling technique. The instrument of this research was literacy science questions and questionnaire for student’s curiosity. The data was analysed using product moment correlation test. The result showed that there were 53% of students categorized as having adequate scientific literacy. Furthermore, The test of students’ curiosity showed that 78% of students achieved high curiosity level. The result also showed that there was correlation between science literacy and student’s curiosity specifically on ecosystem topic with correlation coefficient 0,424. This score showed positive symbol (+) which meant that there was a positive correlation between science literacy and students’ curiosity on ecosystem topic taught at SMA Negeri 3 Tarakan. This correlation can be categorized as medium.

Detail Informasi