Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Keputusan Bersama Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas V SDIT Ibnu Abbas Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Keputusan Bersama Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas V SDIT Ibnu Abbas Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Materi Keputusan Bersama Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Siswa Kelas V SDIT Ibnu Abbas Tarakan

Pengarang : Suliana - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SDIT Ibnu Abbas Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing masing empat komponen yaitu Planning (Perencanaan), Action (Tindakan), Observating (Pengamatan), dan Reflecting (Refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I yaitu 50% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 50% siswa tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 82% siswa telah dinyatakan tuntas sedangkan yang tidak tuntas 18%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus I yaitu 41% siswa telah tuntas sedangkan 59% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II pada aspek afektif yaitu 77% siswa telah tuntas sedangkan hanya 23% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus I yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 45% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 55% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas yaitu 77% dan tidak tuntas yaitu 23%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi menghargai keputusan bersama pada siswa kelas V SDIT Ibnu Abbas Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Menghargai Keputusan Bersama

The objective of this research was to improving the result of learning PKn at material the conclusion of appraise together by using the type Group Investigation (GI) cooperative learning model for the students of fifth grade SDIT Ibnu Abbas Tarakan. The design of this research was a class action ( classroom action research ). This research was conducted in two cycle, each of cycle have fourth component that are planning, action, observating and reflecting. Techniques of collected data were test and non-tes. Instruments of collected data were the result of test learning, the valuation sheet students’ psychomotoric, the valuation sheet of the affective, and observation sheet students’ activity in management of the study. The overage of the result completeness the students’ learning in a manner classical at the aspect psychomotoric, ferst cycle 50% students have been stated complete, while 50% students were not complete. At the second cycle experienced the increase 82% students have been stated complete while 18% students were not complete. The overage of the result students’ learning in a manner classical at the aspect affective, the first cycle 41% students have been complete while 59% students were not complete and at second cycle have experienced the increase at the aspect affective about 77% students have been complete while 45% students were not complete. The average completeness of the result students’ learning in a manner classical have been complete while 55% student were not complete. Students have experienced the increase at second cycle, students were complete about 77% and 23% was not complete. Based on the results of research, the researcher can conclude that by using the type Numbered Heads Together cooperative learning model can inprove the result of the learning PKn at material the canclusion of appraise together at the students of fifth grade SDN 004 Tarakan. Keywords: The Result Of Learning, Type Numbered Heads Together Cooperative Learning Model, The Conclusion Of Appraise Together

Detail Informasi