Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 032 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 032 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 032 Tarakan

Pengarang : Suharni Anti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi alat pernapasan manusia melalui model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) pada siswa kelas V SDN 032 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing empat komponen yaitu Planning (Perencanaan), Action (Tindakan), Observating (Pengamatan), dan Reflecting (Refleksi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan non-tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar penilaian psikomotorik siswa, lembar penilaian afektif, dan lembar observasi aktivitas siswa dalam pengelolaan pembelajaran.Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I yaitu 61% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 39% siswa tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 78% siswa telah dinyatakan tuntas sedangkan yang tidak tuntas 22%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus I yaitu 52% siswa telah tuntas sedangkan 48% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II pada aspek afektif yaitu 82% siswa telah tuntas sedangkan hanya 18% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus I yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 61% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 49% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas yaitu 78% dan tidak tuntas yaitu 22%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi alat pernapasan manusia pada siswa kelas V SDN 032 Tarakan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together, Alat Pernapasan Manusia

The objective of this research was to improving the result of learning IPA at material the human respiratory by using the type Numbered Heads Together NHT cooperative learning model for the students of fifth grade SDN 032 Tarakan. The design of this research was a class action (classroom action research). This research was conducted in two cycle, each of cycle have fourth component that are planning, action, observating and reflecting. Techniques of collected data were test and non-tes. Instruments of collected data were the result of test learning, the valuation sheet students’ psychomotoric, the valuation sheet of the affective, and observation sheet students’ activity in management of the study. The overage of the result completeness the students’ learning in a manner classical at the aspect psychomotoric, ferst cycle 61% students have been stated complete, while 39% students were not complete. At the second cycle experienced the increase 78% students have been stated complete while 22% students were not complete. The overage of the result students’ learning in a manner classical at the aspect affective, the first cycle 52% students have been complete while 48% students were not complete and at second cycle have experienced the increase at the aspect affective about 82% students have been complete while 18% students were not complete. The average completeness of the result students’ learning in a manner classical have been complete while 61% and 39% student were not complete. Students have experienced the increase at second cycle, students were complete about 78% and 22% was not complete. Based on the results ofresearch, the researcher can conclude that by using the type Numbered Heads Togethercooperative learning model can inprove the result of the learning IPA at material the human respiratory at the students of fifth grade SDN 032 Tarakan. Keywords: The Result Of Learning, Type Numbered Heads Together Cooperative Learning Model, The Human Respiratory

Detail Informasi