Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III-B Menggunakan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Picture And Picture Di SDS Yaditra Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III-B Menggunakan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Picture And Picture Di SDS Yaditra Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III-B Menggunakan Model Pembelajaraan Kooperatif Tipe Picture And Picture Di SDS Yaditra Tarakan

Pengarang : Suci Naila Salsabila - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDS Yaditra Tarakan pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas III-B SDS Yaditra Tarakan yang berjumlah 31 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerjasama kelompok, disiplin dan santun), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar Bahas Indonesia materi mendengarkan pembacaan cerita siswa kelas III-B SDS Yaditra Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 81% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 79% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik siklus I dan II 100%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture, Siswa

The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDS Yaditra Tarakan at firts semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this research are students of III-B class in SDS Yaditra Tarakan which consists of 16 male and 15 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of Picture and Picture can improve students’ achievement in learning Civic especially for listening a story material at the III-B class in SDS Yaditra Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 81%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 87%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I and II, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 100%, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type Picture and Picture, Student

Detail Informasi