Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas III-C SDN 017 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas III-C SDN 017 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Pembelajaran Role Playing Pada Siswa Kelas III-C SDN 017 Tarakan

Pengarang : Sri Dewi Rohayu - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Role Playing pada siswa kelas III-C SDN 017 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan di SDN 017 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015-2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas III-C SDN 017 Tarakan yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar onservasi kegiatan guru penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (kerja kelompok), dan aspek psikomotorik (memerankan skenario).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi uang siswa kelas III-C SDN 017 Tarakan. Hal ini dapat dilihat hasil yang diperoleh pada setiap siklus, sebelum diberikan tindakan ketuntasan hasil belajar siswa hanya 47% dan setelah diberikan tindakan pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif menjadi 44% pada siklus II meningkat menjadi 79%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 47% pada siklus II meningkat 82% . kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 26% pada siklus II meningkat menjadi 100% maka dapt dikatakan bahwa peneliitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Role Playing

The aim of this research is to Improver the learning results of IPS Using the Model Role Playing on student of class III-C SDN 017 Tarakan. This is a classroom action research Which was conducted during the second semester of 2015-2016. The subjects were 34 learners of SDN 017 Tarakan, Each cycle consists of planning, action, observation sheets of learnes’ activities, observation sheets of teacher’ s activities, tets on cognitive, aspect, assessment sheets of learners’ affective aspect. The research findings showed that the Improver the learning results of IPS Using the Model Role Playing on student of class III-C SDN 017 Tarakan. This can be seen from learning results of each cycle. Before given the treatment, the learners’ level ofminimum accomplishment was 44% for cycle and 79. The cognitive aspect, after given the treatment the lever reached 47 at the first cycle and reashed 83 at the second one.for the psychomotor aspect, the level reached 26 at the first cycle and 100 at the second one. These results indicated that the treatment was successful. Keywords: Improver The Learning Results of IPS Using The Model Role Playing On Student Of Class

Detail Informasi