Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Di Kelas IV-B SDN 014 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Di Kelas IV-B SDN 014 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Di Kelas IV-B SDN 014 Tarakan

Pengarang : Siti Nurkhasanah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas IV-B SDN 014 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 014 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 014 Tarakan yang berjumlah 27 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 13 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (menghargai, kerjasama kelompok, dan tangung jawab), dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi siswa kelas IV-B SDN 014 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 67% pada siklus II meningkat menjadi 96%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 44% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 59% pada siklus II meningkat menjadi 89%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Siswa

The objective of this study is to improve students’ achievement in learning Civic especially for globalization material by implementing Cooperative Learning Type of NHT at the IV-B class in SDN 014 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that is done in SDN 014 Tarakan at second semester in academic year of 2015/2016. The subjects of this research are students of IV-B class in SDN 014 Tarakan which consists of 13 male and 14 female students. The research is conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (Appreciate, team work, and responsibility) and psychomotor assessment. The result of this research shows that by implementing cooperative learning type of NHT can improve students’ achievement in learning Civic especially for globalization material at the IV-B class in SDN 014 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 67%, and having an improvement in cycle II, that is 96%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 44%, and having an improvement in cycle II, that is 100%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 59%, and having an improvement in cycle II, that is 89%. Therefore, it can be concluded that the research is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, Model of Cooperative Learning Type NHT, Student

Detail Informasi