
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V-B SDN 021 Tarakan
Pengarang : Siti Munawaroh - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan penerapan model Numbered Heads Together di kelas V-B SDN 021 Tarakan. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V-B SDN 021 Tarakan yang berjumlah 20 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek psikomotorik siklus I yaitu 90% siswa dinyatakan telah tuntas sedangkan 10% siswa tidak tuntas. Mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 95% siswa telah dinyatakan tuntas sedangkan yang tidak tuntas 5%. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek afektif siklus I yaitu 25% siswa telah tuntas sedangkan 75% siswa tidak tuntas mengalami peningkatan pada siklus II pada aspek afektif yaitu 80% siswa telah tuntas sedangkan hanya 20% siswa tidak tuntas. Rata-rata ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada aspek kognitif pada siklus I yaitu siswa yang telah tuntas yaitu 50% sedangkan yang tidak tuntas yaitu 50% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu siswa yang tuntas yaitu 80% dan tidak tuntas yaitu 20%.
Kesimpulan PTK ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V-B SDN 021 Tarakan.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together
The aim of research is to perceive the increasing students mathematic, learning result with application lesson model numbered heads together in V-B student of SDN 021 Tarakan. The subject of research classroom acrtion class are V-B student of SDN 021 Tarakan, that amount 20 students. Classroom action class in accomplish in 2 cycles, each cycles consist of 4 steep there are planning, action, observing and reflektion. Data was collected by using test and observation technic. Average completeness resultsin the classical student learning in the psychomotor aspects ofthe first cyclethat is 90% of students found to have completed while 10% of students do not complete. Has increasedin the second cycleis 95% completed while the student was declaredin complete 5%. Average complete nessresultsin the classical student learning on the affective aspects of the first cycle that 25% of student shave completed while 75% of students did not completethe second cycle in creased the affective aspects, namely 80% of student shave completed while only 20% of students do not complete. Average completeness resultsin the classical student learning in the cognitive aspects of the first cycle that student who have completed the 50% who did not complete while the 50% increasein the second cycle students who completed the 80% and notthe 20% complete. The conclusion of the research classroom action class is research by using lesson model numbered heads together student in V-B SDN 021 Tarakan improving learning result to flat structure character. Keywords: Mathematic Learning Result, Lesson Model Numbered Heads Together