Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV-B SDN 030 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV-B SDN 030 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV-B SDN 030 Tarakan

Pengarang : Septiana Aulia - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi peta lingkugan setempat dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing pada siswa kelas IV-B SDN 030 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 030 Tarakan pada semester I tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-B SDN 030 Tarakan yang berjumlah 24 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 15 siswa dan perempuan berjumlah 9 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (tanggung jawab, disiplin, dan kerjasama), dan aspek psikomotorik (kesiapan diri dan menyampaikan informasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi peta lingkungan setempat pada siswa kelas IV-B SDN 030 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 63% pada siklus II meningkat menjadi 83%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 62% pada siklus II meningkat menjadi 88%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 67% pada siklus II meningkat menjadi 96%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing

The objective of this study is to improve students’ achievement in learning IPS especially for Local Environment Mapmaterials by implementing cooperative learning model type of Snowball Throwing at the IV-B class in SDN 030 Tarakan. The research design of this study is classroom action research (CAR) that was done in SDN 030 Tarakan at second semester in academic year of 2016/2017. The subjects of this study are students of IV-B class in SDN 030 Tarakan which consists of 15 boy and 9 girl students. The studywas conducted in two cycles. Each cycle consists of planning, implementing, observing and reflecting. The data of this study are gathered by using instrument which are students’ observation sheet, teachers’ observation sheet, cognitive assessment (test of learning achievement), affective assessment (team work, discipline, and courtesy) and psychomotor assessment (groups’ presentation). The results of this study shows that by implementing cooperative learning model type of Snowball Throwing can improve students’ achievement in learning IPS especially for Local Environment Mapmaterials at the IV-B class in SDN 030 Tarakan. It can be seen by the students’ achievement result in each cycle, in cycle I, the percentage of students’ completeness in cognitive aspect is 63%, and having an improvement in cycle II, that is 83%. In addition, in cycle I, the percentage of students’ completeness in affective aspect is 62%, and having an improvement in cycle II, that is 88%. Next, in cycle I, the percentage of students’ completeness in psychomotor aspect is 67%, and having an improvement in cycle II, that is 96%. Therefore, it can be concluded that the study is success and achieve the indicator of success. Keywords: Learning Achievement, IPS, Cooperative Learning Model, Snowball Throwing

Detail Informasi