Pengembangan Atlas Berdasarkan Hasil Identifikasi Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Hutan Lindung Kota Tarakan Sebagai Atlas Pembelajaran Biologi SMA/MA Kelas X | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Atlas Berdasarkan Hasil Identifikasi Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Hutan Lindung Kota Tarakan Sebagai Atlas Pembelajaran Biologi  SMA/MA Kelas X

Pengembangan Atlas Berdasarkan Hasil Identifikasi Jenis Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Di Kawasan Hutan Lindung Kota Tarakan Sebagai Atlas Pembelajaran Biologi SMA/MA Kelas X

Pengarang : Sitti Aminah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui jenis tumbuhan paku berdasarkan karakteristik morfologi tumbuhan paku yang ditemukan pada Kawasan Hutan Lindung Kota Tarakan dan mengembangkan produk berupa atlas tumbuhan paku sebagai media pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan deskriptif eksploratif. Model pengembangan yang digunakan adalah 4D oleh Thiagarajan, namun dibatasi sampai tahap develop. Berdasarkan hasil penelitian deskripsi eksploratif yang dilakukan menemukan 21 spesies tumbuhan paku dari 15 famili, yaitu Cyathea moluccana R. Br, Dicranopteris linearis (Burm) Underw, Dicranopteris truncata (wild) Spreng, Trichomanes elegans Rich, Trichomanes meifolium Bory, Lycopodium cernuum L, Adiantum latifolium Lam, Adiantum sp, Diplazium sp, Asplenium nidus L, Blechnum orientale L, Dryopteris sp, Nephroplepis hirsutula (G. Forst.) C. Presl, Drynaria quercifolia J.Sm, Microsorum punctatum (L.) Copel, Phymatodes nigrescens (BI) J.Sm, Platycerium bifurcatum C. Chr, Polypodium sp, Pteris sp, Taenitis blechnoides (Willd) Sw, Lygodium microphyllum (Cav.) R. Br, Schizaea dichotoma (L.) Sm dan Selaginella plana Hieron. Hasil validasi atlas tumbuhan paku berdasarkan ahli media 91%, ahli materi 96%, praktisi 85% dan respon siswa 88%. Hasil validasi menunjukkan bahwa sangat layak dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran biologi di sekolah.

This study is aimed to know the variety of fern based on the characteristics of fern’s morphology that was found on the protected preserved forest area of Tarakan city and developing an atlas of fern as a media for learning biology. The method that was used to collect the sample was descriptive explorative. The model that is used to develop the Atlas is 4D adopted from Thiagarajan, but limited to the stage of develop. The result shows that there are 21 fern spesies from 15 family, they are Cyathea moluccana R. Br, Dicranopteris linearis (Burm) Underw, Dicranopteris truncata (wild) Spreng, Trichomanes elegans Rich, Trichomanes meifolium Bory, Lycopodium cernuum L, Adiantum latifolium Lam, Adiantum sp, Diplazium sp, Asplenium nidus L, Blechnum orientale L, Dryopteris sp, Nephroplepis hirsutula (G. Forst.) C. Presl, Drynaria quercifolia J.Sm, Microsorum punctatum (L.) Copel, Phymatodes nigrescens (BI) J.Sm, Platycerium bifurcatum C. Chr, Polypodium sp, Pteris sp, Taenitis blechnoides (Willd) Sw, Lygodium microphyllum (Cav.) R. Br, Schizaea dichotoma (L.) Sm and Selaginella plana Hieron. The product is then validated by media, material, practitioner expert and student response. Validation score from media expert is 91%, material expert is 96%, practitioner is 85%, and students’ respose is 88%. The result of validation shows that the product is very appropriate and very attractive for media of learning biology at school.

Detail Informasi