Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV-C SDN 006 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV-C SDN 006 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas IV-C SDN 006 Tarakan

Pengarang : Sepjusen - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengingkatkan hasil belajar IPS dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match pada siswa kelas IV-C SDN 006 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Objek penelitian adalah siswa kelas IV-C SDN 006 Tarakan yang berjumlah 28 siswa, data yang di peroleh dengan menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk uraian, lembar pengamatan siswa, dan lembar pengamatan guru.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menjadi peningkatan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus sebelum diberikan tindakan ketuntasan belajar secara klasikal 38% dari kriteria ketuntasan minimum 70. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dan siklus II pencapaian pembelajaran meningkat secara bertahap dari 61% menjadi 78%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match

The aim of this research is to improve social science by applying learning model cooperative of make a match type in students IV-C SDN 006 Tarakan on multiplication and division material. The type of this research is classroom action research (CAR) which was held in 2 cycles, where each consists of planning, action, observation, and reflection. The object of this research is student’s in IV-C class of SDN 006 Tarakan with the total number of 28 student’s. Data found using student’s learning outcome test in commentary, teacher’s activity observation form, and student’s activity observation form. The result of this research shows that there is an increase in student’s learning outcome. It can be seen from the result found in each cycle before given the treatment where there are 38% of student’s passed the minimum passing criteria (70). After treatment was given in cycle I and II, the student’s learning outcome increased significantly from 61% to 78%. Keywords: Learning Achievement, Make A Match Type Of Cooperative Learning Model

Detail Informasi