Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas V-B SDN 030 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas V-B SDN 030 Tarakan

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas V-B SDN 030 Tarakan

Pengarang : Sandi Irianto - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V-B SDN 030 Tarakan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 030 Tarakan pada semester II tahun ajaran 20 15/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-B SDN 030 Tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 15 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V-B SDN 030 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, Terjadi peningkatan hasil belajar dalam setiap siklus, aspek kognitif siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 83% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 93%. Pada aspek afektif siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 80% pada siklus II meningkat menjadi 93%. Pada aspek psikomotorik siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 73% pada siklus II meningkat menjadi 97%.
Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

The Objective of the study was to improve IPS learning outcome at grade V-B SDN 030 Tarakan through by using cooperative learning model Jigsaw. The research design of this research was Class Action Research that was conducted in SDN 030 Tarakan on semester II in the academic year of 2015/2016. The subject of this research was the students at grade V-B of SDN 030 Tarakan with the number of 30 students which was 15 male students and 15 female students. This research was conducted in 2 cycles and each cycle consisted of 2 meetings. The procedure of each cycle consisted of planning, acting observing, and reflecting. The data was obtained in this research which was included of observation sheet of students activity, observation sheet of teachers activity, the assessment of cognitive aspect (students test result), affective aspect, and psychomotoric aspect. The result of this research showed that by implementing of cooperative learning model Jigsaw could improve IPS learning outcome at grade V-B SDN 030 Tarakan. The improvement could be seen from the result that was obtained on each cycle. There was improvement on each cycle, cognitive aspect cycle 1 was obtained 83% of passing grade then it improved to be 93% on the cycle II. On the affective aspect cycle 1 was obtained 80% of passing grade then it improved to be 93% on the cycle II. On the psychomotoric aspect cycle 1 was obtained 73% of passing grade then it improved to be 97% on the cycle II. Then, it can be said that this research was success and appropriate with the indicator of successful. Keywords: Learning Achievement, IPS, Cooperative Learning Model Jigsaw

Detail Informasi