Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas IV Melalui Pendekatan Kontekstual Di SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas IV Melalui Pendekatan Kontekstual Di SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan

Pengembangan Bahan Ajar Tematik Kelas IV Melalui Pendekatan Kontekstual Di SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan

Pengarang : Rut Jenica - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk menentukan tema yang sesuai dalam penyusunan bahan ajar tematik kelas IV SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan, (2) untuk menentukan materi yang harus ada dalam desain pengembangan bahan ajar temati, (3) untuk menentukan evaluasi yang sesuai dalam penyusunan bahan ajar tematik kelas IV SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Prosedur penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah hasil modifikasi dari model pengembangan Sugiyono yang meliputi tujuh langkah pengembangan yaitu tahap (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi dan evaluasi produk, sampai menghasilkan desain produk final bahan ajar tematik melaui pendekatan kontekstual. Subjek dalam uji coba lapangan penelitian ini adalah 28 siswa kelas IV SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner.
Hasil penelitian ini adalah bahan ajar tematik kelas IV melalui pendekatan kontekstual di SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan yang memiliki kualitas baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran tematik kelas IV berdasarkan validasi dari ahli bahasa, ahli materi, ahli layout/tampilan, dan siswa kelas IV SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan. Hal itu ditunjukkan dengan skor rerata produk adalah 4,52 dan termasuk dalam kategori “sangat baik”.

Kata Kunci: Penelitian dan Pengembangan, Bahan Ajar, Tematik, Kontekstual

This study aimed (1) to determine the appropriate theme in composing thematic teaching materials for fourth grade students of SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan, (2) to determine the material that must be present in the design development of thematic instructional materials, (3) to determine the appropriate evaluation in composing thematic materials development for fourth grade students of SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan. This study was Research and Development (R&D). The procedures of the study that used was the modification result from Sugiyono’s model and its covered by seven steps, there were (1) potential and problem, (2) data collection, (3) product design, (4) validation of the product, (5) prodik revision, (6) product trial, (7) revision and evaluation of products. The research subjects in field trial were 28 students of fourth grade of SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan. The research instruments were questionnaire and interview guide. The final product of this study were thematic instructional materials through contextual approach for fourth grade students in SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan which has good quality and appropriate for use in thematic learning at fourth grade based on validation results from linguistic expert, materials expert, layout expert, and fourth grade students in SD Katolik Frater Don Bosco Tarakan. It was showed by a mean score of 4.52 and the product was in "very good" category. Keywords: Research and Development, Instructional Material, Thematic, Contextual

Detail Informasi