
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Sifat–Sifat Cahaya Dan Pemanfaatanya Menggunakan Metode Eksperimen Di Kelas V SDN Utama 2 Tarakan
Pengarang : Rudy Lamba - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan, diketahui hasil belajar IPA di SDN Utama 2 Tarakan masih rendah dikarenakan belum mencapai ketuntasan klasikal 70%. Belum tercapainya keberhasilan disebabkan oleh pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa hanya sebatas mendengarkan, perhatikan kemudian catat, tehnik dalam penyampaian materi yang menurut peneliti perlu adanya inovasi sehingga tidak membuat siswa tegang, sehingga pembelajaran cenderung membosankan alat peraga yang telah disedia oleh pemerintah belum difungsikan secara maksimal, suasana kelas yang tidak kondusif , kurangnya partisifasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas serta pengunaan bahasa yang harus dikemas sedemikian rupa, sehingga pembelajaran menjadi lebih hidup. Berdasarkan hal itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan metode Eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sifat-sifat cahaya dan pemanfaatanya pada siswa kelas V-2 SDN Utama 2 Tarakan menggunakan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus. Data yang diperoleh pada penelitian ini meliputi hasil belajar tiga aspek yaitu kognitif, psikomotor dan afektif serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan aktivitas pengamatan guru. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun pembelajaran 2013/2014.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, yaitu pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 72%, psikomotor 65,52% dan afektif 72,41%, aktivitas belajar siswa 73,3% dengan katagori baik, aktivitas guru mencapai nilai 80 dengan katagori baik. Pada siklus II tingkat ketuntasan pada aspek kognitif 79,31%, psikomotor 82,76% dan pengamatan aktivitas siswa menjadi 80%, pengamatan aktivitas guru 84 dengan katagori baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya, siswa kelas V-2 SDN Utama 2 Tarakan mengunakan metode Eksperimen.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, Penelitian Tindakan Kelas, Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif
Based on observations, known that learning result of IPA at SDN Utama 2 Tarakan still low because not reached the classical complenteness 70% yet. This is due to learning is still centered on the teacher, the students merely listen, watch and note, the learning techniques need for innovations so that it does not make a student nervous,so the learning tends to be boring, dull the props given by the government has not functioned maximally, classroom atmosphere is not conducive, participation of studens in learning process is lack, the use of language must be packaged properly, so learning becomes more alive. Based on the case, to improve learning result of the student, it needed Experimental methods to improve learning result of the students. The purpose of this study is to improve learning result of IPA light characters material and the utilization using experiment method in class V-2 at SDN Utama 2 Tarakan using the experimental method. This research is a classroom action research conducted 2 cycles. The data obtained in this study includes the results of studying three aspects of cognitive, psychomotor and affective, also observations of student activities and teacher activities. This research study is held in 2013/2014. Based on result of the research, the first cycle obtained the degree of completeness 72% in cognitive aspects, 65.52% in psychomotor aspects, and 72.41% in affective aspects, 73.3% in students learning activities with good category, 80 in teacher activities reached with good category. In the second cycle level of mastery on the cognitive aspects of 79.31%, 82.76% in psychomotor aspects and observations of students activities become 80%, 84 in teacher activities reached with good category. Based on the result of the study showed that the increase learning result of IPA ligh characters material and the utilization using experiment method in class V-2 at SDN Utama 2 Tarakan. Keywords: Experimental Methods, Action Research, The Cognitive, Psychomotor, An Affective