
Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Rangka Dan Cara Perawatannya Di Kelas IV SDN 018 Tarakan
Pengarang : Rojalia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian dilakukan pada semester ganjil tahun pembelajaran 2015/2016. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Rangka Dan Cara Perawatannya Di Kelas IV SDN 018 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental). Sampel penelitian di ambil dengan teknik Simple Random Sampling yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas IV C sebagai kelas kontrol dan kelas IV D sebagai kelas eksperimen. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskriptif dan uji statistic independent sample test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang diajar menggunakan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) lebih besar dari pada hasil belajar kelas kontrol yang di ajar menggunakan Metode Ceramah. Hal tersebut dapat di buktikan dengan perolehan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 70,31 dan kelas kontrol sebesar 66,62. Selain itu, juga dapat di lihat dari hasil uji hipotesis dengan thitung > ttabel yakni 1,863>1,6759. Dengan demikian, penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI), Hasil Belajar IPA
The study was conducted on odd semester 2015/2016 learning year. The study aims to determine the effect of Inquiry Learning Strategy Against Materials Science Learning Outcomes Framework and Treatment Method in class IV SDN 018 Tarakan. This research is a quasi-experimental research (Quasi Experimental). The research sample was taken by simple random sampling technique which consists of two classes of fourth grade C as the control class IV and class D as an experimental class. Analysis of the data used to analyze the research data is descriptive statistics and statistical tests independent sample test. Results showed that the experimental class learning outcomes are taught using Inquiry Learning Strategy (SPI) is greater than the learning outcomes in the control classes taught using lecture method. It can be proved by the average acquisition value amounted to 70.31 posttest experimental class and control class is 66.62. Moreover, it also can be seen from the results of hypothesis testing with t_hitung> t_tabel namely 1.863> 1.6759. So, the use of Inquiry Learning Strategy (SPI) have a significant influence on student learning outcomes. Keywords: Inquiry Learning Strategy (SPI), Science Learning Outcomes