
Penerapan Model Pembelajaran Koopertif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V-A SDN 012 Tarakan
Pengarang : Riska Yanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas V-A SDN 012 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 012 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas V-A SDN 012 Tarakan yang berjumlah 30 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 18 siswa dan perempuan berjumlah 12 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar ovservai kegiatan siswa, lembar ovservasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (jujur,kerja sama, rasa ingin tahu, disiplin), aspek psikomotorik (memberi informasi secara akurat, menyampaikan informasi secara tersusun, melakukan tanya jawab).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi mempertahankan kemerdekaan Indonesia siswa kelas V-A SDN 012 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada siklus, siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 73% pada siklus II meningkat menjadi 90%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajat siswa aspek afektif 73% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 67% pada siklus II menjadi 93%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indicator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)
The purpose of this study is to improve learning outcomes IPS materials maintain the independence of Indonesia by using cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) in the fifth grade students of SDN 012-A Tarakan. This type of research is the Classroom Action Research (PTK) held at SDN 012 Tarakan in the second semester of the 2015/2016 academic year. The subjects were students of class V SDN 012-A Tarakan totaling 30 students with male students and female students amounted to 18 amounted to 12 students. This study was conducted in two cycles each cycle comprising 2 meetings. The procedure each cycle consisting of planning, action, observation and reflection. The data obtained in this study include sheet ovservation student activities, sheets ovservasi activities of teachers, assessment of cognitive (achievement test), affective (honest, cooperation, curiosity, discipline), psychomotor aspect (to give accurate information, delivered information is structured, do question and answer). The results showed that using cooperative learning model Numbered Head Together (NHT) can improve learning outcomes IPS materials maintain the independence of Indonesia graders V-A SDN 012 Tarakan. It can be seen from the results obtained in the cycle, the first cycle completeness cognitive aspects of student learning outcomes 73% on the second cycle increased to 90%. In the first cycle completeness A Learning outcomes of students affective 73% on the second cycle increased to 100%. In the first cycle completeness psychomotor aspects of student learning outcomes 67% on the second cycle to 93%. It can be said that the research has been successful and in accordance with the indicator of success. Keywords: lLarning Outcomes, Cooperative Learning Model Numbered Head Together (NHT)