
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Aspek Menulis Karangan Pada Siwa Kelas V SDN 032 Tarakan
Pengarang : Renna Pulosafary - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis karangan siswa kelas V SDN 032 Tarakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: Hasil belajar siswa dalam 2 aspek yaitu hasil belajar bahasa Indonesia aspek kognitif dan psikomotorik serta hasil pengamatan aktivitas siswa dan guru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester pertama tahun ajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, yaitu pada siklus I diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 69%, psikomotorik dengan kategori baik, aktivitas belajar siswa mencapai persentase 69% dengan kategori cukup, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai rata-rata skor 78 dengan kategori cukup. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan aspek kognitif 86%, psikomotorik dengan kategori baik sekali, aktivitas belajar siswa mencapai persentase nilai 87% dengan kategori baik, dan aktivitas guru pada proses pembelajaran di kelas mencapai 92,8 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis karangan siswa kelas V SDN 032 Tarakan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture, Penelitian Tindakan Kelas, Menulis Karangan
This study aims to improve learning outcomes Indonesian essay writing material grade students of SDN 032 Tarakan using cooperative learning model type Picture and Picture. This research is a classroom action research conducted in two cycles. The data obtained in this study include: learning outcomes of students in two aspects, namely the Indonesian learning outcomes of cognitive and psychomotor and observation activities of students and teachers. The research was conducted in the first half of the school year 2016/2017. Based on the results of research carried out, ie the first cycle obtained the degree of completeness of the cognitive 69%, psychomotor good category, student activity reaches the percentage of 69% with enough categories, and the activity of the teacher in the learning process in the class achieved an average score of 78 in category enough. In the second cycle level obtained completeness 86% cognitive, psychomotor with excellent category, student activity reaches the percentage value of 87% in both categories, and the activity of teachers in the learning process in the classroom reached 92.8 with very good category. Based on the results of the study showed that the increase in Indonesian learning outcomes material essay writing fifth grade students of SDN 032 Tarakan using cooperative learning model type Picture and Picture. Keywords: Learning Cooperative Picture And Picture, Action Research, Writing Essays