
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV-A SDN 015 Tarakan
Pengarang : Ramadani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Matematika materi Bangun Ruang Sederhana, dengan menggunakan metode Demonstrasi pada siswa kelas IV-A SDN 015 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 015 Tarakan pada semester II tahun ajaran 20 15/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SDN 015 Tarakan yang berjumlah 25 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 11 siswa dan perempuan berjumlah 14 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif, dan aspek psikomotorik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sederhana siswa kelas IV-A SDN 015 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, Terjadi peningkatan hasil belajar dalam setiap siklus, aspek kognitif siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 76% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 88%. Pada aspek afektif siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 36% pada siklus II meningkat menjadi 100%. Pada aspek psikomotorik siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 64% pada siklus II meningkat menjadi 100%.
Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Metode Demonstrasi
The Objective of the study was to improve the student’s mathematic learning outcome by using demonstration method at Grade IV-A students of SDN 015 Tarakan. The research design of this research was Class Action Research that was conducted in SDN 015 Tarakan on semester II in the academic year of 2015/2016. The subject of this research was the students at grade IV-A of SDN 015 Tarakan with the number of 25 students which was 11 male students and 14 female students. This research was conducted in 2 cycles and each cycle consisted of 3 meetings. The procedure of each cycle consisted of planning, acting observing, and reflecting. The data was obtained in this research which was included of observation sheet of students activity, observation sheet of teachers activity, the assessment of cognitive aspect (students test result), affective aspect, and psychomotoric aspect. The result of this research showed that by implementing demonstration method could improve the student’s mathematic learning outcome with space simple form material at grade IV-A students of SDN 015 Tarakan. The improvement could be seen from the result that was obtained on each cycle. There was improvement on each cycle, cognitive aspect cycle 1 was obtained 76% of passing grade then it improved to be 88% on the cycle II. On the affective aspect cycle 1 was obtained 36% of passing grade then it improved to be 100% on the cycle II. On the psychomotoric aspect cycle 1 was obtained 64% of passing grade then it improved to be 100% on the cycle II. Then, it can be said that this research was success and appropriate with the indicator of successful. Keywords: Learning Achievement, Mathematics, Demonstration Method