Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Permasalahan Sosial Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-A SDN 034 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Permasalahan Sosial Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-A SDN 034 Tarakan

Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Permasalahan Sosial Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Pada Siswa Kelas IV-A SDN 034 Tarakan

Pengarang : Oktavianus Kongle - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi permasalahan sosial menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples pada siswa kelas IV-B SDN 034 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN 034 Tarakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SDN 034 Tarakan yang berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki berjumlah 13 siswa dan perempuan berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi kegiatan siswa, lembar observasi kegiatan guru, penilaian aspek kognitif (tes hasil belajar), aspek afektif (tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan kerjasama), dan aspek psikomotorik (presentasi kelompok).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi pemasalahan sosial siswa kelas IV-A SDN 034 Tarakan. Hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh pada setiap siklus, pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek kognitif 61% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek afektif 61% pada siklus II meningkat menjadi 89%. Kemudian pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa aspek psikomotorik 75% pada siklus II meningkat menjadi 86%. Maka dapat dikatakan bahwa penelitian sudah berhasil dan sesuai dengan indikator keberhasilan.

Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran Kooperatif, Examples Non Examples

This research amied to Increase the Learning Result Social Problem Material Using Cooperative Lerning Model Examples Non Examples Type at the Students of IV-A Class at SDN 034 Tarakan. This research used action class research conducted at SDN 034 Tarakan in semester II in the academic year of 2015/2016. Subject of this research is students of SDN 034 Tarakan consists of 28 students, 13 male students and 15 fermale students. This research conducted in 2 circles and each circlesconsists of planning, action, students observation sheets, teacher’s observation sheets, cognitive aspects assessment (test), affective aspect (responsibility, anxious, cooperation) and psychomotorik aspect (group presentations). The result of this research shows that with appying Coopeerative Leraning Model Examples Non Examles Type can imprease the IPS Learning result Social Problem Material at Students of IV-A Class at SDN 034 Tarakan. I can be seen from the resulth of each circle, at circle 1 the result of cognitive aspect is 61% at circle II increased to 86%, at circle I the result of affective aspec is 61% at circle II increased to 89%, then the result of psychomotorik aspec is 75% at circle II increased to 86%. So, it can be conclude that this reearch is succeful and appropriate with indicator of success. Keywords: Learning Result, IPS, Cooperative Learning Model, Examples Non Examples

Detail Informasi