Dampak Penerapan Manajemen Sarana Prasarana Di Daerah Pesisir SDN 016 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Dampak Penerapan Manajemen Sarana Prasarana Di Daerah Pesisir SDN 016 Tarakan

Dampak Penerapan Manajemen Sarana Prasarana Di Daerah Pesisir SDN 016 Tarakan

Pengarang : Nurul Handayani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah penerapan manajemen sarana dan prasarana, hambatan dan pendukung dalam penerapan manajemen sarana dan prasarana, dan dampak penerapan manajemen sarana dan prasarana terhadap mutu lulusan di daerah pesisir SDN 016 Tarakan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kualitatif Deskriptif yang dilaksanakan di SDN 016 Tarakan pada tahun ajaran 2015/2016. Sumber pada penelitian adalah data primer dan data skunder. Informan pada penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas VI, staff TU, komite sekolah dan pengawas sekolah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian pada fokus pertama yaitu pada penerapan manajemen sarana dan prasarana di SDN 016 Tarakan meliputi enam tahapan.Pertama yaitu perencanaan barang yang dilakukan setiap awal tahun ajaran baru berdasarkan kebutuhan sekolah. Kedua adalah proses pengadaan barang yang sebagian besar dilakukan dilakukan dengan cara membeli, mendapatkan hadiah atau sumbangan dari orang tua murid dan menukar barang dari sekolah lain. Ketiga adalah pendistribusian langsung ke bagian-bagian yang membutuhkan. Keempat adalah penggunaan dan pemeliharaan dimana penggunaan sarana dan prasarana didasari dari peraturan tertulis maupunn tidak tertulis. Pemeliharaan perlengkapan meliputi kegiatan yang dilakukan secara berkala, mengecek dan memperbaiki perlengkapan. Kelima adalah inventari yang dilakukan dengan pencatatan dan pemberian kode. Keenam adalah penghapusan, SDN 016 Tarakan belum pernah melakukan penghapusan sarana yang dimiliki sekolah. Fokus kedua yaitu hambatan dan pendukung dalam penerapan manajemen sarana dan prasarana. Hambatan dalam penerapan sarana dan prasarana di SDN 016 Tarakan berkaitan dengan SDM, anggaran, kurangnya alat peraga, media-media pembelajaran serta barang-barang lainnya yang dapat menunjang pembelajaran dikelas. dan sengketa lahan terhadap pihak AL, selain itu letak sekolah di daerah pesisir. Pendukung dalam penerapan sarana dan prasarana pdi SDN 016 Tarakan berkaitan dengan anggaran, alokasi lahan baru, pengadaan gudang, kerjasama warga sekolah serta adanya persetujuan dari DK2P untuk penghapusan. Fokus terakhir yaitu sarana dan prasarana dapat menjadi faktor pendukung terhadap perolehan mutu lulusan di SDN 016 Tarakan.

Kata Kunci: Penerapan Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Lulusan Daerah Pesisir SDN 016 Tarakan

Focuses of this research are the implementation management facilities and Infrastructure, obstacle and support factors of the implementation management facilities and Infrastructure and the impact of the implementation management facilities and Infrastructure towards the quality of graduates in the coastal SDN 016 Tarakan. Research design in this study is descriptive qualitative which is conducted in SDN 016 Tarakan in the academic year 2015/2016. Sources of this research are primary data and secondary data. Informants in the study are the principal, classroom teacher of VI, TU staff, school committee and school supervisors. Data collection techniques in this study are interview, observation, and documentation. Data analysis techniques in this research are data reduction, data display, and verification. Based on data analysis and discussion of the results at the first focus is on the implementation management facilities and Infrastructure in SDN 016 Tarakan include six steps. First is planning which is conducted in the first year based on the needs of the school. Second is the procurement process that is mostly done by purchaseing, receiving gifts or donations from parents and exchanging goods from other schools. Third is a direct distribution to parts that need. Fourth is the usage and maintenance of facilities and infrastructure where is used based on the written and unwritten rules. Maintenance includes activities that are conducted regularly, checking and repair goods. Fifth is inventory that is done by recording and coding of goods in the. Sixth is the elimination, SDN 016 Tarakan has never made the elimination of facilities owned by the school. The second focus is obstacle and support factors of the implementation management facilities and Infrastructure. Obstacles in the implementation management facilities and Infrastructure SDN 016 Tarakan are regard to human resources, budget, lack of props, media learning and other items that can support classroom learning. and land disputes against the AL, besides the schools that is located on coastal. factors of the implementation management facilities and Infrastructure in SDN 016 Tarakan are about budget, the rellocation to the new land, warehouse procurement, cooperation of citizens in schools and approval of DK2P for the elimination of damaged goods. Last focus the implementation management facilities and Infrastructure can be a contributing factor to the acquisition of the quality of graduates in SDN 016 Tarakan. Keywords: Implementation Management Facilities and Infrastructure, The Quality of Graduates, The Coastal SDN 016 Tarakan

Detail Informasi